Dalam artikel Review Indosaku ini, ada yang menarik dari salah satu keunggulan yang dapat kamu andalkan. Yaitu, terdapat pilihan metode pencairan dengan menggunakan bank digital, Bank Neo. Jadi, bagi kamu saat ini belum punya no rekening, bisa juga saat ini kamu daftar secara online dan mudah.

Halo semuanya, tujuan artikel ini dibuat hanya untuk memberikan gambaran soal pengalaman saya menggunakan layanan pinjol legal yang bernama Indosaku ini. Saya akan menjelaskan berbagai aspesk yang perlu kamu pertimbangkan sebagai calon peminjam sebelum menggunakan layanan ini.

Beberapa hal yang akan kami bahas adalah sebagai berikut:

  • Sejarah singkat Indosaku
  • Fitur dan keunggulan
  • Produk Pinjaman yang meliputi: Limit pinjaman, tenor, bunga, biaya denda, dan biaya keterlambatan.
  • Kekurangan Layanan Indosaku
  • Kelayakan
  • Syarat dan ketentuan

Jadi, mari kita mulai!

Indosaku

Natalia Manurung

Review Indosaku terbaru
Tampilan
Fitur dan Keunggulan
Limit dan Tenor Pinjaman
Biaya bunga dan lainnya
Proses Pencairan
Metode Pencairan

Ringkasan

Walaupun tidak sepopuler fintech P2P lending lainnya, Indosaku masih tetap menjadi bahan pertimbangan kamu walaupun sebenarnya saya tidak suka dengan tenor atau cicilan pertamanya.

4.3
Rupiah CepatCek Review
AkuLaku PinjamanCek Review
SamirCek Review
KredifazzCek Review
LazBon LazadaCek Review
Rekomendasi pinjol legal

Review Indosaku: Sejarah Singkat

Review Indosaku

Indosaku, merupakan salah satu pelopor utama dalam industri pinjaman online yang dirilis pada tahun 2021. Salah satu visi mereka adalah memberikan akses keuangan yang lebih gampang bagi calon peminjam.

Indosaku adalah layanan pinjaman online berbasis fintech p2p Lending yang ditawarkan oleh PT Sens Teknologi Indonesia dan telah mendapatkan legalitas dan terdaftar di KOMINFO dan OJK dengan nomor KEP-86/D.05/2021 tepatnya dibulan Agustus 2021.

Nah, berikut di bawah ini adalah tabel profil Indosaku yang wajib kamu ketahui:

Nama AplikasiIndosaku
DiterbitkanPT Sens Teknologi Indonesia
Tahun2021
OJKKEP-86/D.05/2021
Kantor ResmiRuko Spectra, Jalan Jalur Sutera Kav. 23B Nomor 1 dan Nomor 2,
Rukun Tetangga 002, Rukun Warga 003, Kelurahan Panunggangan Timur, Kecamatan Pinang, Alam Sutera, Kota Tangerang, Banten 15143
Websitehttps://indosaku.id/
KontakEmail: service@indosaku.id
Telp: 02150102321; 081213560324
Tersedia diPlay Store
Review Indosaku

Fitur dan Keunggulan Indosaku

Indosaku mempunyai beberapa fitur serta dengan keunggulan yang mungkin sebagian belum mengetahuinya.

Aplikasinya Ringan dan Mudah Digunakan

Baru-baru ini tepatnya bulan Desember 2023, pinjol Indosaku mengubah warna ikon utamanya menjadi warna Hijau.

Tampilan utama indosaku

Menurut saya pribadi, antarmuka aplikasi ini sangat nyaman, mudah dan ringan. Tidak ada hambatan apapun ketika saya melakukan proses pendaftaran akun dan pengajuan pinjaman.

Proses Pengajuan yang Mudah dan Singkat

Perlu saya akui bahwa dalam proses pengajuan pinjaman di Indosaku juga cukup mudah. Hanya memberikan informasi pribadi, pekerjaan, kontak darurat, dan selanjutnya kita diminta untuk verifikasi wajah dan foto KTP.

Mudah Mendapatkan Limit

Bagi pengalaman saya pribadi, Indosaku adalah pinjol fintech lending yang juga mudah mendapatkan persetujuan limit pinjaman walaupun hanya mendapatkan limit pinjaman Rp500.000 dengan tenor 90 hari. Jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan Pinjam Yuk.

Cocok untuk Mahasiswa

Salah satu syarat pinjam di Indosaku adalah umur minimal 18 tahun hingga 55 tahun. Berarti, secara tidak langsung, mahasiswa atau kamu yang baru lulus SMA juga bisa mengajukan pinjaman di sini.

Bisa Cair ke Bank Neo

Ternyata, Pinjol Indosaku juga melayani pencairan lewat bank Neo juga, loh. Jadi, ini menjadi keunggulan serta keuntungan yang menarik buat kamu saat ini belum punya nomor rekening biasa seperti BRI, BCA, Mandiri, BNI dan sebagainya.

Buat kamu yang pengen mencari pinjol yang bisa cair ke bank Neo, Saya sudah kumpulkan beberapa pinjol yang bisa cair ke Neo Bank.

Transparan

Kalau menurut aku, Indosaku cukup transparan dalam hal biaya yang akan ditanggung oleh pengguna atau calon peminjam. Seperti biaya keterlambatan yang mana langsung diinformasikan saat sebelum melakukan pinjaman.


Produk Pinjaman

Sekarang mari kita bahas produk pinjaman yang ditawarkan oleh Indosaku. Yang akan kita bahas adalah mengenai limit pinjaman, tenor, dan biaya lainnya.

Limit dan Tenor Pinjaman

Limit pinjaman maksimum yang diberikan oleh Indosaku adalah senilai Rp8.000.000 dan tenornya hingga 90 hari. Namun, mengenai hal ini tentu setiap pengguna mendapatkan limit pinjaman dan tenor yang bervariasi. Tapi kebanyakan tenor yang diberikan rata-rata 90 hari.

Biaya Bunga dan Lainnya

Kamu bisa lihat screenshot gambar di atas adalah biaya bunga, biaya layanan dan denda keterlambatan dari Indosaku.

Untuk biaya bunga harian Indosaku, kami dikenakan sebesar 0,165% dan maksimal bunganya adalah 0,3% perhari sesuai dengan aturan OJK terbaru, biaya layanan 0,135% perhari.

Nah, untuk biaya denda atau keterlambatan, pengguna atau peminjam akan dibebankan dengan tambahan biaya sebesar 0,6% perhari dari jumlah pinjaman.


Contoh Kasus Pinjaman Indosaku

Di sini, saya mendapatkan pinjaman Rp500.000 dengan tenor selama 90 hari. Pembayaran dilakukan dalam 3 cicilan, dengan biaya layanan sebesar Rp60.750 dan biaya bunga sebesar Rp74.250.

Jadi, total tagihan yang harus dibayarkan mencapai Rp635.000, sementara terima bersihnya adalah Rp500.000 atau setara dengan 100% dari jumlah pinjaman.


Kekurangan Indosaku

Walaupun Indosaku merupakan pinjol legal dan bisa dicairkan dana pinjamannya ke bank digital, namun ada beberapa kekurangan yang harus kamu ketahui:

  1. Tidak bisa cair di malam hari: Buat kamu yang ingin mencari pinjaman uang darurat di malam hari, Indosaku bukan pilihan yang terbaik.
  2. Cicilan pertama lebih besar: 90% lebih dari pinjaman pokok yang harus dikembalikan di awal pembayaran cicilan.
  3. Tenor cicilan pertama jaraknya 14 hari atau 2 minggu sejak pinjaman dicairkan.
  4. Tidak cocok untuk modal usaha.

Apakah Layak Pinjam Uang di Indosaku

Layak atau tidaknya itu tergantung dari jenis kebutuhan kamu. Kalau menurut saya, untuk bunga dan biaya lainnya sudah cukup murah. Hanya saja 2 minggu setelah kita menerima dana pinjaman, kita wajib bayar cicilan pertamanya sebesar 90% dari dana pinjaman. Contohnya di kasus saya pinjam Rp500.000, cicilan pertamanya adalah Rp400rban.

Kalau untuk modal usaha, rasanya tidak cocok untuk pinjam di aplikasi ini, tapi kalau jenis kebutuhannya darurat, mungkin ini Indosaku bisa dipertimbangkan kembali.


Syarat Pinjam di Indosaku

Semua orang diberikan kesempatan untuk melakukan pengajuan limit pinjaman, tapi Indosaku tetap harus membuat peraturan dan syarat yang harus diikuti. Berikut ini adalah syarat pinjam uang di Indosaku:

  • Merupakan warga negara Indonesia
  • Tinggal atau berdomisili di Indonesia
  • Memiliki e-KTP asli, bukan fotocopy.
  • Mempunyai penghasilan yang menetap.
  • Umur minimal 18 tahun s/d 55 tahun.

Rekomendasi

Platform pinjaman online tidak hanya Indosaku saja. Kamu bisa coba beberapa aplikas pinjol lainnya. Ada banyak yang saya sarankan di sini. Tapi di sini saya berikan 2 platform pinjol yang bagus untuk kamu.

1. Pinjaman Akulaku

Buat kamu yang memiliki penghasilan sebulan sekali dan pinjam uang karna darurat, saya sarankan menggunakan aplikasi Akulaku. Di sana ada layanan pinjaman uang yang mana kamu bisa mengajukan pinjaman dana dengan bunga yang rendah. Selain itu, kamu juga bisa mengajukan pinjaman dengan tenor bulanan.


2. Neo Pinjam

Tentu kamu juga bisa mengajukan pinjaman langsung dari aplikasi Neo Bank. Neo Pinjam adalah fitur layanan pinjaman tanpa agunan yang disediakan langsung oleh Neo Bank. Bunga pinjamannya sangat kompetitif dan banyak pilihan tenor.


FAQs

Berikut di bawah ini beberapa pertanyaan dan jawabannya terkait pinjol Indosaku ini:

Apakah Indosaku aman?

Tentu aman, selain legal OJK, Indosaku juga anggota dari AFPI, Fintech Indonesia, LAPS SJK, terdaftar di KOMINFO, dan memiliki sertifikasi ISO 27001.

Apa itu Indosaku?

Indosaku merupakan layanan pinjaman uang berbasis fintech p2p Lending yang cukup populer di Indonesia.

Indosaku dari PT Apa?

Indosaku dikembangkan oleh PT Sens Teknologi Indonesia

Berapa bunga Indosaku?

Bunga pinjaman di Indosaku perharinya adalah maks 0,3% perhari. Hal ini seusai dengan aturan OJK terbaru.

Berapa tenor pinjaman di Indosaku?

Tenor pinjaman di Indosaku dimulai dari 90 hari s/d 1 tahun.

Saya mahasiswa, apakah bisa pinjam di Indosaku?

Kalau kita perhatikan persyaratannya di website resmi Indosaku, batas minimal umur peminjam adalah 18 tahun. Jadi bisa dipastikan kalau mahasiswa bisa melakukan pengajuan pinjaman di aplikasi ini.


Kesimpulan

Dengan membaca artikel Review Indosaku ini, saya yakin kamu sudah mendapatkan gambaran yang lebih jelas apalagi soal limit dan bunga harian Indosaku. Tapi, perlu kamu ketahui bahwa walaupun tenor pinjaman disebutkan 90 hari, namun dalam tenor tersebut ada yang namanya cicilan. Dan jarak pencairan dana dengan cicilan pertama hanya 2 minggu itupun harus bayar cicilan lebih dari 90% persen.

Oleh sebab itulah kenapa saya bilang bahwa pinjam di Indosaku ini cocoknya untuk kamu yang memiliki penghasilan mingguan dan butuh dana yang mendesak.

Natalia Manurung
Natalia Manurung

Halo!
Nama saya Desnita dan saya adalah seorang penulis blog yang fokus pada ulasan aplikasi pinjaman online dan paylater berdasarkan pengalaman pribadi dan sumber-sumber terpercaya lainnya. Saya berharap dapat membantu Anda membuat keputusan finansial yang tepat melalui ulasan aplikasi yang mendalam dan berimbang. Terima kasih telah mengunjungi blog saya!

Articles: 127

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *