8 Alasan Pengajuan Pinjaman Kredito Ditolak

Bagikan!

Sedang melakukan pinjaman, namun pengajuan pinjaman Kredito ditolak mentah-mentah. Salah satu yang menjadi faktor utama adalah masalah SLIK OJK. Mungkin status kredit kamu sudah melebih KOL 4 atau KOL 5 sehingga pengajuan langsung tidak diterima.

Namun, walaupun kamu belum pernah pinjam dimanapun, tapi kenapa pengajuan saya ditolak?

Berikut ini adalah beberapa alasannya dan pada bagian akhir, kamu bisa langsung menghapus data atau akun Kredito kamu.

Alasan Pengajuan Pinjaman Kredito Ditolak

1. Catatan SLIK OJK

Apakah kamu pernah mengajukan pinjaman online di platform lain dan masih ada tunggakan yang belum kamu selesaikan? Apakah kamu pernah kredit motor tapi kamu tidak bayar?

Kalau catatan SLIK OJK kamu kurang bagus, maka sudah dipastikan 100% pengajuan kamu bakalan ditolak oleh Kredito.

Skor kredit SLIK OJK itu ada tingkatannya. Dimulai dari KOL 1, 2, 3, 4 dan yang paling rendah adalah 5.

  • Kolektibilitas 5 (Macet): Orang yang sudah telat bayar pinjaman pokok/bunga lebih dari selama 180 hari.
  • Kolektibilitas 4 (Diragukan): Orang yang sudah telat bayar pinjaman pokok/bunga selama 121 hari s/d 180 hari.
  • Kolektibilitas 3 (Kurang Lancar): Orang yang sudah telat bayar pinjaman pokok/bunga selama 91 hari s/d 121 hari.
  • Kolektibilitas 2 (Dalam Perhatian Khusus): Orang yang sudah telat bayar pinjaman pokok/bunga selama 1 hari s/d 91 hari
  • Kolektibilitas 1 (Lancar): Peminjam melakukan pembayaran dengan tepat waktu tanpa adanya telat.

Menurut saya, biasanya KOL 1 dan KOL 2 adalah kategori debitur yang bagus dan pengajuan kamu pasti 70% diterima. Tapi kalau kamu sudah masuk ke KOL 3 s/d KOL 4. Pengajuanmu sulit sekali untuk di-approve.

2. Info Pribadi Kurang Lengkap

Yang kedua adalah pengajuan Kredito ditolak karena ada satu atau beberapa informasi pribadi kurang lengkap atau kurang jelas. Coba kamu cek kembali data yang sudah kamu input apakah sudah benar?

3. Kontak Darurat

Masalah yang berikutnya adalah list kontak darurat yang kamu berikan tidak aktif. Mungkin saja ada nomor yang salah atau nomor tidak bisa dihubungi. Coba kamu perhatikan nomornya atau ganti dengan orang-orang terdekat seperti hubungan: Pasangan, Orang Tua, atau Saudara Kandung.

4. Nomor Rekening Salah

Kalau kamu punya lebih dari satu rekening, saran saya masukkan dan pilih nomor rekening yang sering kamu lakukan transaksi. Karena di beberapa kasus, saya pernah mengajukan pinjaman menggunakan rekening yang baru saya buat dan pada akhirnya pengajuan ditolak. Tapi pengajuan saya berikutnya diterima setelah saya ganti dengan akun bank rekening bisnis saya.

Kalau kamu sering menggunakan bank Jago, kamu bisa gunakan akun bank tersebut sebagai tempat pencairan dana.

Lalu, jangan lupa cek kembali nomor rekeningnya. Mungkin ada nomor yang salah atau kurang lengkap.

5. Foto KTP Kurang Jelas

Foto KTP di Kredito

Yaps, tidak menutup kemungkinan masalah ini bisa saja pengajuan Kredito ditolak mentah-mentah. Karena mereka sendiri butuh data yang jelas dan bisa dibaca. Kalau foto buram, pihak peninjau akan sulit untuk menilai aplikasi pinjaman kamu.

Cobalah kembali dan pastikan foto berada di dalam frame yang sudah disediakan. Cari tempat pencahayaan yang cukup.

6. Tidak Mengangkat Telepon

Setelah kamu mengisi data formulir pengajuan dan menunggu proses peninjauan. Kamu akan mendapatkan telepon dari pihak Kredito dan kamu wajib menjawab telepon tersebut. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa yang mengajukan pinjaman tersebut adalah benar kamu. Kalau kamu tidak mengangkat telepon verifikasi, maka besar kemungkinan pengajuan kamu bakalan ditolak.

7. Lokasi

Ini masih pendapat saya pribadi. Kemungkinan besar alasan pengajuan Kredito ditolak karena kamu berada di zona merah atau rawan sehingga risiko gagal pengembalian dana pinjaman sangat tinggi.

8. Nomor Kamu Digunakan Sebagai Kontak Darurat

Mungkin nomor kamu pernah dijadikan sebagai kontak darurat oleh teman, keluarga, saudara, pacar atau teman kantor. Masih mending kalau dia bayarnya bagus. Bagaimana jika pembayarannya macet dan dia tidak kooperatif. Namun, sekali lagi, ini menurut pribadi saya.

Alternatif Jika Pengajuan Kredito Ditolak

Platform pinjaman online tidak hanya Kredito saja. Kamu bisa coba beberapa aplikas pinjol lainnya. Ada banyak yang saya sarankan di sini. Tapi di sini saya berikan 2 platform pinjol yang bagus untuk kamu.

1. Pinjaman Akulaku

Buat kamu yang memiliki penghasilan sebulan sekali dan pinjam uang karna darurat, saya sarankan menggunakan aplikasi Akulaku. Di sana ada layanan pinjaman uang yang mana kamu bisa mengajukan pinjaman dana dengan bunga yang rendah. Selain itu, kamu juga bisa mengajukan pinjaman dengan tenor bulanan.


2. Neo Pinjam

Tentu kamu juga bisa mengajukan pinjaman langsung dari aplikasi Neo Bank. Neo Pinjam adalah fitur layanan pinjaman tanpa agunan yang disediakan langsung oleh Neo Bank. Bunga pinjamannya sangat kompetitif dan banyak pilihan tenor.

Cara Hapus Akun Kredito

Itulah 8 alasan utama pengajuan Pinjaman Kredito ditolak. Biasanya butuh waktu yang cukup lama kalau kamu ingin mengajukan pinjaman kembali di aplikasi ini. Tapi, kalau kamu tidak mau lagi mengajukan aplikasi di Kredito, kamu bisa langsung menghapus akun kamu sehingga seluruh data kamu terhapus dari sistem.

Berikut ini adalah cara menghapus akun Kredito:

  • Buka aplikasi Kredito
  • Masuk ke menu Akun di sudut kanan bawah
  • Pilih menu Pengaturan (paling bawah)
  • Tekan tombol Hapus Akun
  • Lalu tekan lagi tombol HAPUS.

Bagikan!
Natalia Manurung
Natalia Manurung

Halo!
Nama saya Desnita dan saya adalah seorang penulis blog yang fokus pada ulasan aplikasi pinjaman online dan paylater berdasarkan pengalaman pribadi dan sumber-sumber terpercaya lainnya. Saya berharap dapat membantu Anda membuat keputusan finansial yang tepat melalui ulasan aplikasi yang mendalam dan berimbang. Terima kasih telah mengunjungi blog saya!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *